Translate

Minggu, 22 Januari 2017

LAKUKAN SEMBILAN LANGKAH INI JIKA SEPEDA MOTOR ANDA TERENDAM AIR


  Perhatikan hal-hal berikut agar motor tidak menjadi rusak, bahkan rusak parah diakibatkan karena kita tidak mengerti dalam memperlakukan motor yang terendam banjir.
Mari kita lakukan langkah-langkah sebagai berikut.
1.       Sepeda motor jangan langsung di starter lho!! BAHAYA. Air dalam ruang bakar dapat menyebabkan water hammer, efeknya piston hancur hingga stang piston bengkok.
2.       Lepas busi terlebih dahulu, baru kemudian distarter untuk mengeluarkan air di ruang bakar.
3.       Pastikan filter udara tidak terdapat air. Untuk keadaan darurat filte udara boleh dilepas dan ganti dengan yang baru.
4.       Pastikan karburator atau throttle body aman dari air.
5.       Pastikan kenalpot tidak kemasukan air karena dapat tersedot ke ruang bakar.
6.       Pastikan oli mesin tidak tercampur dengan air dengan menguras oli mesin dan mengganti filter oli. Oli yang tercampur air akan berubah warna menjadi coklat muda seperti susu. Pada skutik jangan lupa cek juga oli transmisinya.
7.       Khusus skutik, pastikan CVT tidak terdapat air dengan melepas selang pembuangan CVT dan mengganti filter CVT.
8.       Setelah semua dipastikan kering, boleh dihidupkan. Jangan lupa untuk cek kompresi untuk memastikan tidak ada kebocoran pada ruang bakar.
9.       Setelah kondisi darurat dapat dilewati, jangan lupa untuk melakukan servis secara menyeluruh.

WASPADA WATER HAMMER
   Risiko tertinggi jika ruang bakar kemasukan air adalah water hammer. Yaitu kondisi dimana air yang masuk ke ruang bakar tidak dapat terkompresi seperti bahan bakar. Air yang tidak dapat terkompresi akan tetap keras seperti besi ketika ditekan. Maka disebutnya water hammer karena efeknya seperti besi ketemu besi. Komponen didalam ruang bakar  dapat langsung hancur, biaya perbaikannya pun jadi berlipat lipat.


THANKS FOR WATCHING



Tidak ada komentar:

Posting Komentar