Translate

Sabtu, 21 Januari 2017

JANGAN DILUPAKAN PERAWATAN KOMPONEN SEPEDA MOTOR DIMUSIM HUJAN


   Curah hujan yang sangat tinggi di sebagian wilayah Republik Indonesia akan terjadi terus sampai awal Maret. Agar selalu mobilitas tetap lancar, maka diperlukan motor yang prima, kuat menembus jalanan yang basah mau pun guyuran hujan yang lebat bahkan banjir.
  Oleh sebab itu perlu dilakukan pengecekan ekstra pada motor, biar perjalanan selalu lancar dan aman. Apa saja hal-hal penting yang perlu diperhatikan? Mari kita simak hal berikut.

RADIATOR
Melewati genangan biasanya membawa kotoran yang terciprat, tak jarang menempel ke radiator. Segera bersihkan agar tidak merusak dan pendinginan tetap maksimal.

RANTAI
Rantai akan cepat kering dan kotor selesai menerjang hujan apalagi genangan. Wajib lebih sering melumasi , agar enggak berkarat sehingga awet,


KABEL-KABEL
Jangan biarkan ada kabel terbuka, segera tutup pakai isolasi untuk mengurangi resiko konsleting karena tetesan air.


COP BUSI
Cek kondisi cop busi, pastikan masih rapat agar tidak ada  air penyelinap yang dapat menyebabkan motor mogok karena arus loncat ke massa.


FILTER UDARA
 Gunakan boks filter udara standard untuk mengurangi resiko kemmasukan air dan menyebabkan water hummer dan mesin rusak piston bengkok.


TUAS REM DAN KOPLING
Berikan pelumasan pada bagian engsel  agar gerakan tuas selalu lancar, seihingga saat dioperasikan tetap nyamandan tidak mudah aus.


LAKER RODA
Sering menerjang air, usia leher roda cepat menurun. Harus lebih rajin dibersihkan dan dilumasi gemuk. Jika terasa goyah di tambah keluar air berkarat segera ganti.


LUBANG KUNCI
Biar selalu mudah dioperasikan lumasi lubang kunci, baik kunci kontak tutup tangki maupun pembuka jok dengan pelumas penetran seperti WD-40


LAMPU
Pastikan lampu-lampu menyala normal, agar pandangan tetap maksimal dan tak tertabrak kendaraan lain. Khususny head lamp, hindari penggunaan LED diatas 5.000 Kelvin, cahayanya yang putih tidak dapat menembus air. Sedangkan LED pabrikan sorot lampunya tetap baik meski menembus hujan. Jika dirasa kurang terang sorotnya arahkan ke bawah agar lebih fokus.


KETEBALAN BAN
Ketebala ban dapat dilihat di indikator ketebalan atau TWI 9tread wear indicator), jika diukur kedalamannya minimal 2mm, agar ban dengan pattern yang mampu membuang air dengan baik.


CVT
Selalu pasang penutup CVT, jika ada yang terbuka maka akan slip kena air sehingga laju terhambat dan boros bahan bakar.


KANVAS REM
Perhatikan ketebalan kanvas rem depan belakang, maksimal sisi 2 mm,kurang dari itu harus diganti agar rem tetap pakem.


TEKANAN BAN
Sesuaikan tekanan sesuai rekomendasi pabrik, kisarannya 28-32 psi


THANKS FOR WATCHING








Tidak ada komentar:

Posting Komentar