Translate

Minggu, 16 Oktober 2016

MERAWAT SHOKBRAKER UP SIDE DOWN PADA SEPEDA MOTOR

                                       


  Peredam kejut atau shokbreker  memang mengalami perkembangan sesuai dengan meningkatnya teknologi  sepeda motor. Saat ini sudah banyak yang mengaplikasikan sistim upside-down atau inverted sebagai shokbraker standard. Bahkan beberapa produk after market pun menjualnya sebagai piranti aksesoris.
   Pada perkembangannya shockbraker memang sekedar membuat  bantingan roda tak langsung terasa pada penunggangnya. Mulai dari sekedar memakai springer dan batang ke as roda, lalu gabungan shokbreker dan per seperti pada vespa
   Perkembangannya pun dilakukan lagi pada bidang peredam kejut ini, maka dibuatkan sistim teleskopik yang lebih simpel dan efektif, selain meredam kejut, juga  memberikan efek pengendalian yang baik saat pengereman karena daya bantingannya yang halus.
   Lantas dibuatlah penyempurnaan lagi dengan sistip terbalik atau  uside down. Sistim ini membuat redaman jadi lebih baik, karena sanggup menahan benturan unsprung weight, yang berasal dari komponen roda itu sendiri kala berayun dalam permukaan tak terlalu bergelombang.
    Lalu bagaimana  dengan perawatannya dibanding dengan shokbreker konvensional? Perlukah penanganan khusus pada shokbreker jenis ini.   Ternyata masih mirip shokbeker biasa , beda-beda dikt lah. Yang penting adalah menjaga agar batangnya tidak baret, dengan bentuk yang berbeda dengan shokbreker konvensional, bagian bawah yang masuk ke dalam akan lebih rentan terkena kotoran. Memang seperti itu, lihat saja tipe tipe tunggangan yang menggunakan shokbraker ini,  bahkan yang digunakan untuk of road seperti supermoto atau trail akan ada pelindung di bagian bawah shokbrakernya.


   Intinya agar menjaga batang bawah tidak kotor, sehingga ketika bekerja naik turun tidak merusak silnya. Kerusakan shokbraker umumnya silnya nggak rapat lagi. Kalau sudah begini tentu akan merembes olinya, sehingga mengurangi kinerja shokbraker. Agar bisa terjaga dengan baik selayaknya dibersihkan batang shokbrekernya rutin jika terlihat kotor. Bisa pakao lap basah lalu dilap kering sehingga tidak ada kotoran yang melekat.
   Lebih baik lagi dibersihkan dengan menggunakan  air dan sabun agar kotoran tidak melekat. Sesuaikan juga isi olinya dan gunakan oli shokbraker agar pas.


   

THANKS FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar