Translate

Minggu, 18 September 2016

TES RIDE KTM DUKE 250

                                                    
KTM  DUKE 250 di tes di sirkuit Sentul  mari kita simak hasilnya :

DESAIN
    Tampangnya bagaikan pinang dibelah dua dengan Duke 200 yang lebih dulu dijual di Indonesia , demikian juga dengan dimensinya. Tak ada perbedaan berarti hanya stiker 250 berukuran besar di shroud yang jadi pembeda utama. Kesan naked bike yang liar dan sangar terpancar jelas dari motor Austria ini berkat sasis teralis, body work garang dan detail unik seperti lengan ayun terbalik.


FITUR DAN TEKNOLOGI
    Apa yang ditawarkan KTM pada motor dengan harga 44 juta rupiah OTR Jakarta?  Apa saja ya, Dari tampak depan  ada shock upside down 43 mm dari WP yang terlihat  kekar dan sporti. Bedanya dengan RC 250 , tentusaja Duke memakai setang fatbar. Kaki depan makin garang dengan menggynakan kaliper Bybre radial 4 piston yang menjepit cakram 300mm . Untuk safety sudah ada ABS dari Bosch.

    Sementara kaki belakang mengunakan lengan ayun  alumunium model terbalik, guratan prelodnya. Rem belakang pakai kaliper 1 piston dengan cakram 230 mm.  Standard Duke 250 menggunakan ban Pirelli Diablo Rosso II yang berkompond cukup lunak. Depan ukuran 110/70-17 dan belakang 150/60-17 yang membalut pelek 3.00x17 dan 4.00x17.
     Geser ke panel indikatornya yang seperti Duke 200. Sisi atas ada takometer model bar yang tipis , agak susah memantaunya apalagi di siang hari yang terik. Bawahnya ada spidometer, gear position, odometer, tripmeter, fuelmeter, suhu, jam, konsumsi bensin sampai info peringatan.
     Pindah ke bagian mesin, KTM  membekali Duke dengan dapur pacu 248,8 cc over bore 72x61,1 mm yang basiknya diambil dari rc 390. Mesin jenis 4 langkah DOHC 4 klep berpendinginan cairan ini pakai throtel body 38 mm. Transmisi 6 speed, yang menarik koplingnya sudah pakai anti hopping atau slipper clutch.

RIDING  POSITION
     Dengan ketinggian jok hanya 800mm Duke 250 ini terasa pendek diduduki. Kombinasi dengan stang fatbar yang lebar membuat posisi duduk cukup santai namun tetap gagah, karena tangan dipaksa membuka bahu. 
     Turun ke lintasan Sentul dengan Duke 250 ternyata sangat  menyenangkan karena handling nya stabil, nurut dan ringan, maklum bobot kering hanya 130 kg setara dengan motor 150cc. Sehingga untuk membelikkan tak perlu susah payah.
     Redaman suspensinya pas, enggak ada ayunan berlebihan, ditambah lagi grip ban Pirelli pun terasa lengket ke aspal. Tak heran jika footstep jadi terasa terlalu rendah, sering  menggasak permukaan trak saat menikung kencang.
Kemudahan masuk tikungan juga didukung kopling dengan teknologi anti-hopping, karena roda belakang jadi enggak mengunci saat turun gigi dan lepas kopling, hasilnya jadi lebih terkendali.
      Yang jadi catatan sama dengan RC 250. Saat awal lap kaget dengan jarak main tuas rem depan, karena cukup dalam. Tapi pakemnya patut diacungi jempol.


PERFORMA
     Nah ini bagian yang terasa berbeda dengan RC250, karena performanya ternyata berbeda, Duke lebih responsif, padahal kalo lihat data spek mesin sama persis, tenaga maksimal 31,1 dk di 9000rpm dan torsi 24 Nm di 7250rpm, mungkin salah satunya dipengaruhi bobot. Duke hanya 139 kg  sedang RC 147 kg.
     Ambil contoh pengapian pada 100 km /jam , Duke hanya 7,3 detik, edangkan RC 8,3 detik, Sedangkan waktu untuk menempuh  jarak 100 meter Duke 63 detik dibanding 6,7 detik. Perbedaan yang cukup sikniikan. Kru KTM yang mendampingi sampai bingung juga.
    Sedangkan bicara top speed, ternyata Duke sedikit kalah dari RC. Duke spidometernya hanya 153km/jam , sedangkan RC 250 , mencqpqi 156 km/jam. Sepertinya faktor aerodinamika berperan di sini RC yang lebih stream line berhasil memecah angin lebih baik hingga jelang tikungan pertama Sentul. Sedangkan Duke yang naked bike lebih susah payah, walaupun kendali akselerasinya lebih bailk.
      Namun secara karakter tenaga persis sama dengan RC 250, garang diputaran menengah ke atas khas mesin overbore, gahar di atas 5000rpm dan dengan mudahnya kena limiter di sekitar 10.700 rpm, terutama di gigi 1 sampai 4 yang memang sangat rapat, kendati paling pas pindah gigi cukup di 10.000 rpm. Sedang gigi 5 dan 6 rasio cukup berat sehingga lama mencapai redline.



DATA SPESIFIKASI KTM DUKE 250
Tipe mesin                                      :   4 langkah 1silinder DOHC 4 klep
Pendinginan                                   :    Cairan (Radiator)
Bore  x Stroke                                :     72x6,11 mm
Kapasitas                                        :       248,8 cc
Rasio Kompresi                             :     12,5:1
Tenaga Maksimal                          :     31,1 dk @9000rpm
Torsi maksimal                              :       24 Nm @7250 rpm
Starter                                              :     Elektrik
Aki                                                   :    12 v/8Ah
Pasokan Bensin                             :    Injeksi Bosch 38mm
Transmisi                                        :   6 percepatan
Pelumasan                                      :    Semi dry sump
Primary drive                                 :    80/30
Final Drive                                     :    46/14
Kopling                                          :    anti-hopping wet multi-disc
Enggine Manegemment              : Bosch EMS
Sasis                                                :    Steel trellis power coated
Suspensi depan                             :   Upside down 43 mm
Suspensi belakang                       :  Monoshock
Rem depan                                     :    300mm kaliper 4 piston radial
Rem belakang                               :    230 mm kaliper 1 piston
Ban depan                                      :   110/70-17
Ban belakang                                :    150/60-17
Trail                                                :   100mm
Jarak Sumbu roda                         :   1.367 mm
Jarak terendah                               :   170 mm
Tinggi jok                                      :    800 mm
Kapasitas tangki                           :    11 liter
Bobot kering                                 :   139 kg

DATA TEST
0-60  km/ jam           : 2,9 detik
0-100 km/jam           : 7,3 detik
0-100 meter              : 6,3 detik @ 93,3 km/jam
0-201 meter              : 9,7 detik @ 113 km/jam
0-402                          :  15,5 detik  @ 132,4 km/jam
Top speed spido       :  153km/ jam
Top speed Racelogic : 148km/ jam


                                                     thanks for watching



Tidak ada komentar:

Posting Komentar