Translate

Jumat, 08 Juli 2016

CARA MUDAH MENGGANTI BAN MOBIL SENDIRI

                                                        TRIK AGAR TIDAK PANIK

 Rommy, sebut aja begitu, sempat panik dan terdiam beberapa saat sebelum akhirnya menghubungi bengkel  langganannya melalui ponselnya.  Mobil  Nisan Juke miliknya terhenti di pinggir tol dalam kota., ban belakang kirinya kempis, padahal dia harus menemui koleganya untuk melakukan pembicaraan bisnis. “ Padahal jika tau triknya nggak bakalan panik. Bisa ganti sendiri sehingga cepat selesai dan bisa segera bergerak melanjutkan pekerjaan”  ujar DIdi Hardianto dari Sentul Safety Driving di Jakarta. Selain itu juga mencegah kemacetan yang akan terjadi akibat posisi mobil yang menghalangi jalan.


  
  Pabrikan telah merancang agar proses mengganti ban bisa dilakukan semudah mungkin. Sayangnya tidak semua tidak semua pengemudi bisa melakukan dengan benar. Salah satu  yang kerap dianggap penyebabnya adalah letak penyimpanan peralatan dongkrak yang dibuat menyempit untuk menghemat ruang . Namun dampaknya negatif pengemudi merasa asing terhadap benda ini Selain itu teknologi ban yang menggunakan tipe tubeless membuat karet bundar ini jarang kempis. Karena meski menginjak paku ban tidak langsung kempes angin , tapi masih bisa jalan ke tukang tambal ban terdekat. 
   “Makanya orang jadi jarang mengganti ban” tambah Farid, specialis tambal ban yang buka kios di jln Duren Tiga , Jaksel. Dampaknya baru terasa saat keadaan darurat menerpa seperti yang dialami Rommy tadi . Maka dari itu harus dipahami bagaimana cara mendongkrak yang benar.
   
 Langkah Pertama; adalah melakukan pengenalan terhadap mobil dengan mengetahui letak dongkrak dan perkakas (tool kit), serta pemahaman letak titik titik penempatan dongkrak. Pelajari juga posisi ban serep dan bagai mana cara membukanya .

 
 Hal hal ini bisa dilihat di buku panduan pemilik kendaraan. Berikut ini tahapan ketika mengalami ban kempis di jalan
1.        Saat ban tiba tiba kempis , padahal anda berada ada lalu lintas yang padat , jangan panik . Hal pertama yang harus dilakukan adalah menepikan mobil ke tempat yang aman. Posisikan  mobil di bidang yang rata agar tetap seimbang saat diangkat. Kalau dipinggir jalan tol , jika roda kanan yang bocor, posipikan sisi kiri mobil debagian di rumput . “Sisakan sisi roda yang bocor di aspal untuk pengerjaan biar aman,
2.       Posisikan rem tangan ditarik full dan masukkan gigi presneling ke 1. Jika menggunakan mobil matik geser P . atau ganjal ban dengan menggunakan batu agar mobil tidak bergeser.
3.       Letakkan rambu segi tiga peringatan di bagian belakang mobil. Jarak ideal sekitar 20 meter .
4.       Siapkan dongkrak dan keluarkan ban cadangan . Pastikan kondisi ban serep bagus.
5.       Jika ada penumpang lain di dalam mobil sebaiknya turun dan menjauh dari mobil “ Cari posisi aman dari lalu lintas Mobil”
6.       Pastikan area tempat dongkrak  berdiri adalah area padat. Supaya dongkrak tidak amblas ketika ada tumpuan beban dari ban ke tumpuan dongkrak.



7.       Cari titik tumpu yang tepat di beberapa bagian mobil. Selama mendongkrak identik dengan mengangkat mobil dengan  tumpuan dibagian kolong . Namun beberapa jenis mobil menempatkan titik tumpu di posisi yang mudah di jangkau . Misalnya rangka bodi bawah. Hal ini biasanya diterapkan pada mobil dengan graund clearance rendah seperti  jenis sedan. Sehinggga pengemudi  tidak perlu ngolong  untuk mendongkrak mobil. “ Titik tumpu semacam itu pun ada beberapa macam bisa berupa 4 titik khusus atau sepanjang garis frame bodi kanan-kiri “ ujar  Iwan Abraham, Section Head Technik Service Division Training Toyota Asia Motor. Khusus mobil buatan Eropa  biasanya sudah tersedia lobang untuk memasukkan batang dongkrak ke bagian rangka mobil.  Untuk mobil konvensional  terutama yang  menggunakan sasis tanggga (ladder frame) dongkrak bisa ditempatkan di lower arm atau tulang sasis.



8.       Setelah dongkrak ada ditempatnya naikkan hingga menyentuh rangka. Jangan sampai roda terangkat. Lalu kendurkan baut roda . Kemudian baru naikkan dongkrak hingga roda terangkat.  Ban yang kempis dilepaskan dan letakkan  di samping dongkrak  di bawah mobil. Fungsinya sebagai pengaman  jika dongkrak rubuh . Lantas ganti ban kempis dengan serep “ Saat mengangkat ban jangan dari tengah , tapi bagian luar ban biar lebih ringan “ tambah Didi
9.        Kemudian pasang baut roda tapi jangan langsung di kencangkan . Pengencangan baut baru dilakukan jika roda telah diturunkan dan dongkrak dilepaskan. Lakukan dengan posisi menyilang agar tekanan rata.
10.    Pastikan untuk menaruh kembali peralatan dongkrak pada tempatnya. Hal itu perlu demi mencegah alat alat itu terlempar ketika mobil sedang berjalan.


Macam macam Dongkrak
    Secara garis besar, peranti pengakat beban terbagi dalam 2 jenis, yaitu makanis dan hidraulis. “ Kedua tipe ini yang paling banyak digunakan saat ini,”. Terang iwan. Dongkrak mekanik menggunakan drat atau mur seperti baut untuk menaikkan  dam menurunkan nya.
   Dongkrak mekanis menggunakan draft seperti  baut untuk menaikan dan menurunkan nya. Produk ini juga sering juga disebut sebagai dongkrak gunting. Jika dalam keadaan terlipat , bentuknya lebih ringkas sehinggga mudah untuk disimpan, beratnya pun lebih ringkas.


    Sementara donkrak hidraulis mengaplikasikan sistim fluida dalam memberi  tekanan. Itupun terbagi lagi ada yang   jenis botol dan buaya. Dongkrak buaya mempunyai performa keseluruhan yang lebih baik.namun bobotnya berat dan ukurannya besar sehingga kurang praktis untuk dimasukkan dalam bagasi.


    Perlu diperhatikan pula kondisi dongkrak  secara berkala, bisa jadi karena umur, dongkrak mengalami kebocoran sehingga saat tuas ditarik dongkrak tidak berfungsi. Jangan sampai saat dibutuhkan malah tidak bisa dipakai.






                                                   THANK'S FOR WATCHING

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar