Translate

Minggu, 03 Juli 2016

CARA MUDAH SETEL JARAK BEBAS REM, KOPLING DAN GAS SEPEDA MOTOR

   Jarak bebas ini enggak main main fungsinya, salah stel bisa bikin prosesi berkendara kurang nyaman. Padahal pengerjaannya sangat gampang, silahkan simak berikut ini

1. Jarak Bebas RemTteromol
     Jarak bebas pedal rem belakang adalah 20 sampai 30 mm diukur  dari ujung pedal , Jangan dibiarkan  terlalu dalam karena bahaya ketika harus rem mendadak , kaki akan menginjak terlalu dalam  untuk menghentikan lajunya"  kata Titut winarto , kepala mekanik AHASS Wahana- Kalimalang Jaktim.
      Untuk penyetelan mudah. Hanya cukup memutar mur penyetel yang berada di paha rem, kalau terlalu keras bisa pakai kunci pas 12 atau 14 tiap motor bisa berbeda.
       Sedangkan untuk sekutik yang sudah ada fitur brake lock ada penyesuaian khusus, Sekutik yang menggunakan brake lock  jangan disetel terlalu dalam , karena brake lock bisa tidak berfungsi. Sebaiknya jika terlalu dekat maka akan sulit untuk menguncinya.



2. Jarak Bebas Tuas Kopling
       Kemudian , setel jarak bebas tuas kopling pada jarak 10 sampai 20 mm diukur dari bagian ujungnya. Caranya atur setelan di atas rumah tuas kopling. Longgarkan mur pengunci terlebih dahulu kemudian putar adjuster untuk mendapatkan main jarak yang tepat. Kalau keras bisa menggunakan tang sebagai alat bantu.
     Jika dirasa  masih belum mendapatkan jarak yang ideal lakukan penyetelan  kembali  dengan menyetel mur yang berada di dekat bak kopling dengan kunci pas 12 dan 14.
     "Penyetelan jarak bebas kopling harus pas dengan panjang jari dan karakter pengendara, jika terlalu dekat tiap perpindahan gigi akan terasa keras karena kanpas rem tidak bekerja maksimal.
Sedangkan jika terlalu jauh beresiko selip dan tidak responsif.





3. Jarak Bebas Selongsong Gas
     Selongsong gas juga harus di seting pada jarak 2 sampai 6mm.  Penyetelan dapat dilakukan pada kabel gas tepat dibawah setang kemudi menggunakan kunci pas 10. " Bila jarak terlalu dekat bisa berbahaya , pertama  kabel gas akan tertarik ketika selang belok, kemudian motor bisa nyelonong kalau secara tidak sengaja gas terbuka " kecelakaan deh




Tidak ada komentar:

Posting Komentar