Wajar ketika kunci L diputar, bukannya baut yang berputar tapi malah kepala bautnya yang selek .Wah kalau sudah begini pekerjaan menjadi ribet, harus pakai pahat untuk memaksa baut berputar. kejadian ini menimpa semua merek motor bahkan keluaran terbaru sekalipun.
Chandra, mekanik Kesatria Bintang Motor Jln Gunung Shanghyang Denpasar Bali punya trik jitu "Ada Caranya tapi saya tidak jamin bautnya bisa dipakai lagi minimal nggak sampai di las atau dipahat jelas Chandra sambil mempraktekkan di piringan Yamaha YZF-R25 yang menurutnya paling gampang slek.
Caranya :
Setelah roda dilepas sebelum melepas baut dengan kunci L 6 pukul dulu kepala baut dengan palu sebanyak dua atau tiga kali dengan agak keras., setelah itu buka dengan kunci shock L6mm, tapi kalo masih keras jangan dipaksa.
Jika masih keras pukul kembali tapi jangan terlalu keras. Trik ini berfungsi merenggangkan ulir dengan baut sehingga mudah terlepas, tetapi jangan dipukul terus menerus kepala baut juga rawan rusak.Jika kepala baut rusak sarannya utuk menggunakan kunci shock L6 yang dipasangkan ke baut lalu pukul dengan palu. Lakukan trik ini terus menerus ketika baut keras, pasti lama kelamaan akan terbuka, yang penting jangan slek, kalo sudah terlepas baut pasti akan rusak jadi jangan dipakai lagi ganti yang baru murah.
THANK'S FOR WATCHING
Selamat malam, maaf mau tanya dulu nih kalau rodanya tidak dilepas dari motor apakah aman untuk digetok baut L6 nya? Mohon pencerahan nya yaa. Makasih
BalasHapus