1. Oli
Pelumasan , pendinginan dan pembersihan bagian dalam mesin adalah tugas yang dibebankan pada Oli. Beratnya tugas tersebut maka kondisi oli wajib terjaga , minimal kuantitas atau volumenya harus sesuai rekomendasi pabrik.
Mengecek oli sangatlah mudah untuk yang mesinnya dilengkapi kaca intip tinggal diintip, tapi jangan lupa posisi motor harus rata dan bukan pakai standart tengah apalagi samping. Pastikan posisinya dibatas lower A dan upper B
Sedang pada motor yang tanpa jendela kaca, maka mesti buka plastik atau tutup oli, lalu lihat level yang tertera . Jika dibawah batas minimal segera tambahkan dan jangan melebihi batas upper. Pastikan juga penambahan oli pakai brand yang sama, termasuk viskositasnya.
Semakin banyak sepeda motor yang menggunakan pendingin cairan atau pakai radiator, yang pastinya pakai radiator coolant. cara mengecek sangatlah mudah intip saja level ketinggiannya semua motor pasti ada . Posisi normal coolant wajib diantara batas lower dan upper. Jika dibawah lower harus segera ditambah agar tidak terjadi overheat.
3. Minyak Rem
Pada rem cakram hidrolis, semakin menipis kampas rem, maka minyak rem di tabung juga semakin turun. Makanya ketika di cek sudah mendekati atau lebih rendah dari batas lower, mengindikasikan jika kampas rem sudah waktunya diganti. Jika kampas rem masih tebal ada kemungkinan telah terjadi kebocoran . Mesti segera periksa kemudian tambahkan minyak rem sampai batas upper menggunakan minyak rem DOT 3 atay DOT 4
4. Air Aki
Direkomendasikan untuk menggunakan aki maintenant free. kalau pun menggunakan aki basah wajib untu diperiksa air aki harus diantara batas upper dan lower..
THANKS FOR WATCHING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar