Translate

Rabu, 17 Agustus 2016

CARA MEMILIH LAP MOBIL BERDASARKAN BAHAN

                             
   Sebagian dari kita mungkin sudah jarang mencuci mobil atau motor sendiri. Namun tetap menarik untuk kita mengetahui  perkembangan alat lap kendaraan, yaitu Chamois, Microfober atau paduan antara Chamois dan Microfiber . Lap tipe Chamois misalnya Enkafill Multipurpose PVC, Aion Plas chamois, 3 M Supr Absorbent Wipe , sedangkan yang Mikrofiber dicampur Chamois adalah Multitech Microfiber Superlap Chamois.  Bagaimana dengan Microfiber dan secara  keseluruhan dari tiga tipe bahan mana yang paling nyaman dipakai.

    Bahan Chamois enggak bisa dipungkiri adalah bahan yang paling populer saat ini, dari yang berharga 10 ribu sampai 100 ribu juga ada. Namun sesuai harga , ada yang bagus dan ada juga  yang abal-abal  seperti yang dijual di lampu trafic.  Menguji performanya gampang kog.
1.        Pertama bahan harus dapat menyerap air dengan baik .  Hasil uji serap air, chamois ukuran 40 cm x 30 cm dengan ketebalan 1-1,5 mm mampu menyerap air 150-200 ml air.
2.        Uji kedua , saat mencuci chamois lebih nyaman dengan air yang banyak,  apalagi ditambah dengan shampo khusus kendaraan makin asik saja mencucinya. Namun harus hati-hati juga karena bahan chamois juga bisa menyerap kotoran . Kotoran bisa terserap apabila setelah mencuci  lap tidak dibersihkan  dan dibiarkan mengering. Kotoran ini yang bisa membuat baret pada bodi motor atau mobil yang dibersihkan.



    Bahan berikutnya adalah microfiber yang kurang populer tidak hanya di Indonesia juga di Amerika yang merupakan kiblat aksesori perawatan. Melacak dari literatur dunia Microfiber malah sangat populer di daratan Eropa. Sepertinya bisnis shampo  dan cairan pembersih mobil juga berperan untuk menekan peredaran bahan Microfiber.  Sebab bahan microfiber sejatinya hanya perlu air saja untuk membersihkan tanpa menggunakan shampo atau cairan pembersih. Begitu juga bisa dipakai membersihkan debu saat bodi kendaraan kering.  “ Disini lebih sering dipakai untuk lap interior saja “ kata A Hidayat , Sales Manager PT Whelthy Mega sejahtera produsen Multitech.


     Tipe terahir yang cukup unik yaitu Microfiber=Chamois. Belum banyak beredar, jenis lap yang merupakan paduan microfiber dan chamois ini.  Bahan lap ini dirancang bisa bekerja layaknya Chamois dengan keunggulan membersihkan saat basah . Namun saat kering bahannya tidak kaku, sehingga ketika dikeluarkan dari kemasan bisa langsung digunakan untuk membersihkan kotoran mirip dengan karakter Microfiber. Silahkan pilih ....

                                                  THANKS FOR WATCHING



Tidak ada komentar:

Posting Komentar