Translate

Jumat, 08 Juli 2016

PERHATIKAN POSISI MENGEMUDI MOBIL YANG BAIK

  
                                             Comunicationn, conrtrol and comfort

     Liburan panjang lebaran saat nya untuk traveling. Jarak tempuh yang terbilang jauh serta durasi waktu perjalanan yang cukup lama jelas  harus di siaasati.  Salah satunya dengan hal sederhana, yaitu posisi duduk ketika mengemudi . Percaya atau tidak letih atau nyaman saat berkendara sangat ditentukan oleh posisi duduk yang benar.
     Jika posisi duduk saja sudah tidak benar  senyaman apapun mobil  pasti tidak akan terasa kenyamananya. Masih ditambah dengan rasa letih yang cepat datang. “  Untuk posisi duduk harus memenuhi beberapa unsur , seperti  communication, control dan comfort “ jelas FX Sony Susmana  Asessor Madya dari lembaga Safety Difensive  Consultant Indonesia. (SDCI)



1.       COMFORT; atur posisi duduk dengn benar. Sandaran dan jarak duduk terhadap stir serta pedal harua dibuat dengan baik dan yaman. Punggung wajib menempel sempurna dengan sandaran jok, maksudnya supaya mampu merasakan sensitivitas gerakan kendaraan. Jadi jangan duduk dengan sandaran jok yang terlalu rebah. Saat badan terasa letih dan ingin bersandar posisi tangan, kepala dan juga dada menjadi tidak ideal , serta terlalu jauh dari lingkar kemudi. “ Pastikan juga hip point pengemudi benar tumpuannya. Ini untuk mencegah cedera jangka pendek dan panjang “ tambah pria berkacamata ini. Hip point sendiri adalah titik tumpu badan saat duduk.



2.        CONTROL; atur pula jarak dada dengan lingkar kemudi usahakan jarak antara 30-45 cm. Ini untuk antisipasi jika terjad i tabrakan frontal, baik terhadap airbag yang mengembang ataupun hantaman dada ke stir. Posisikan juga tangan diarah jam 3 dan 9 . Untuk memudahkan pergerakan kemudi dan supaya tidak letih ketika berkendara jauh. Penting di perhatikan juga posisi kaki . Pastikan dapat menjangkau seluruh pedal dengan baik . Tidak hanya menjangkau tapi dapat menginjaknya dengan penuh, bukan setengah terutama kopling.  Untuk mobil dengan transmisi otomatis posisikan kaki kanan  kaki kanan berada diantara pedal rem dan gas.




3.       Communication;  Setelah semua posisi di dapat , coba lihat sekitar. Pandangan ke berbagai tempat harus dapat dijangkau dengan baik . pandangan depan , belakang, dan samping . Pastikan posisi spion sudah benar . Untuk meminimalisir blind spot . dengan memperhatikan tips diatas maka perjalanan jauh tidak akan lekas letih dan aman sampai tujuan hingga balik lagi...amien, dan jangan lupa pakai sabuk pengaman.


  
THANK'S FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar