Translate

Senin, 04 Juli 2016

CARA MUDAH BERSIHKAN KERAK TERMINAL AKI

       Pasti ada yang pernah melihat deh tumpukan kerak putih di bagian kepala alias terminal aki. Banyak yang bertanya, apa efek dan penyebab kerak semacam itu timbul. tenang  aja bro, walau bukan penyakit kronis , kerak model itu gampang diatasi , tak perlu banyak alat dan obat ,yang penting jangan dibiarkan terlalu lama. Kalau dibiarkan lama kelamaan kerak akan  menghambat aliran listrik aki, efeknya tentu strum akan berkurang  dan ujung ujungnya aki akan tekor, “ ungkap Ari Tristianto  juragan DMS (Dinamika Motor Sport) selaku distriutor aki merek Motobatt.
  


   “ Walau bukan tak mungkin, tapi kerak tersebut kebanyakan muncul pada aki basah. Sangat jarang pada aki MF (Maintenance Free) atau yang sering disebut aki kering,  papar pria yang beralamat di Jl Imam Bonjol N0 327 , Denpasar Bali. Sebab utamanya akibat penguapan yang terjadi pada aki basah, karena proses pengisian menimbulkan panas , maka air aki akan menguap dari lobang pembuangan dan beroksidasi dengan terminal aki yang akhirnya menimbulkan kerak putih. Oya kenali dulu, aki MF itu bukan aki kering ring seperti batu batrai. Dalam bodi aki tetap terdapat sel dan air aki H2SO4, atau seperti  gel. Hanya saja memang sudah didisain agar air tersebut tidak cepat menguap, makanya tidak ada lobang pengisian pada bagian atas aki. “Kalau timbul kerak pada Aki MF ,  bisa dipastikan sebabnya dari sistim pengisian yang over carge. Jadi timbul panas berlebihan yang bikin uap aki keluar dari celah terminal “ sambung pria tinggi besar ini.
    
  Mendeteksinya gampag koq, cek saja dengan multi tester . seandainya angka meunjukkan angka diatas14,8 volt, dengan kondisi mesin menyala sudah tanda tanda awal mesin over carge . Mengatasi ini mesti dilihat lagi dari regulator yang tidak sesuai spesifikasi atau memang aki sudah tidak layak dipakai lagi

.
      Mengatasi kerak ini mudah koq, Cara konvensuional dan paling mudah tentu tinggal siram air panas “ Tapi tetap waspada panas air bisa merembet melalui terminal aki , dan justru akan bikin sel aki ikut panas. Efeknya malah bikin usia sel aki berkurang “ ujar Ari. Cara paling benar adalah menggunakan cairan contac cleaner yang disemprot ke terminal, sambil disikat atau gunakan kuas untuk menghilangkan kerak membandel tersebut.


     Mencegah kerak timbul lagi juga tidak butuh alat banyak . Oleskan gemuk oli secukupnya  pada kepala terminal ak isebelum dipasang, oleskan lagi setelah terminal aki terpasang sempurna.  Cari gemuk oli khusus untuk perangkat elektronika lebih bagus.


                                               THANK'S FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar