Translate

Kamis, 05 Januari 2017

AWALNYA HANYA SEBAGAI ANGKUTAN BARANG, HISTORY OF PIAGGIO VESPA APE



     Keberadaan Vespa Ape alias Vespa dengan tiga roda memang fenomenal. Banyak diburu namun sosoknya terbatas sekali ditanah air. Sekalipun ada bisa dipastikan kendaraan niaga ini di import secara  instansi ataupun pesanan perorangan.

LAHIR DARI KEBUTUHAN.
     Kelahiran Vespa Ape sendiri memang seiring perkembangan negara kelahirannya yaitu Italia. Saat itu setelah perang Dunia ke II, pemerintah italia memerlukan kendaraan untuk mendukung perekonomiannya serta membangun negara yang porak poranda. Kriteria kendaraan itu murah, irit serta mampu mengangkut banyak barang.



KURUN TAHUN 1948
     Tahun 1948 Dua tahun setelah produksi scoter Vespa Ape generasi pertama yang diproduksi saat itu teknologi mesin mengaplikasikan Piagio Vespa, produk perdana ini mempunyai dua pilihan dapur pacu yaitu 125 cc dan 98 cc.
     Disain bodi Vespa Ape generasi awal atau tipe A ini masih sangat sederhana. Bagian depan sebagai kemudi modelnya meniru model skuter dengan  disain terbuka, sedangkan bagian belakang sebagai pengangkut barang dengan boks dari kayu.
     Diluar dugaan Vespa Ape sukses diterima pasar. Modelnya yang simpel dan mudah dikendarai memudahkan diajak bermanuver di jalan yang sempit. Belum lagi mesin yang mudah perawatannya membuat  permintaan Vespa Ape makin meningkat.

KURUN 1952
     Merupakan evolusi pertama tipe Ape atau umumnya disebut tipe B. Beberapa perubahan dilakukan utamanya untuk memaksimalkan tenaga , kapasitas mesinnya menjadi  150 cc. Sedangkan kapasitas angkutnya ditingkatkan untuk mampu mengangkut beban sampai 200 kg.
    Dua tahun kemudian tepatnya 1954, Ape kembali melakukan modifikai menyesuaikan dengan kebutuhan. Lahirnya tipe ini disebut tipe C, layaknya truk model ini mampu mengangkut beban hingga 350 kg.

Kurun 1958-1968
    Ape terus berkembang mulai daya angkut , di mensi mesin sampai modelnya . Pada rentang produksi ini Ape di disain menjadi 5 roda. Dan pada 1958 Ape tipe D diluncurkan, generasi ini bagian kemudi sudah didisain tertutup seperti Bajaj. Sedangkan kapasitas mesinnya meningkat menjadi 170 cc
    Tahun 1961 Ape dibuar menyerupai truk, unyuk meningkatka kapasitas angkut disain dibuat menjadi 5 roda , tipe ini diberi nama Pentaro. Daya angkutnya luar biasa, layaknya truk  Ape ini mampu membawa barang seberat 700 kg.
    Di tahun 1966, teknologi mesin terus diperbaharui. Kapasitas meningkat menjadi 190 cc dan masih mengaplikasikan mesin 2 tak. Penggerak roda belakang tidak lagi mengaplikasikan rantai melainkan menggunakan as roda gardan.

KURUN 1969
     Lahirnya Apino , merupakan besutan kesekian komersial dengan kapasitas mesin hanya 50 cc. Diluncurkannya Ape 50 ini untuk menjawab kebutuhan akan kendaraan pengangkut barang yang mampu melintasi jalanan sempit. Meski kapasitas mesinnya kecil namun Ape 50 mampu mengangkut barang sampai 50 kg

APE CAR 1971
     Pada waktu itu Ape Car diluncurkan, dengan adanya model ini  melengkapi karaktersistik dari sebuah truk dengan disain yang sudah modern. Disain body Ape Car lebih besar dengan kapasitas mesin mencapai 220 cc.

APE TM 1982
     Ape TM merupakan konsep baru yang didisain Giorgetto Glugiaro disainer Piaggio. Kapasitasnya mesinnya mencapai 220 cc, dengan sistim suspensi yang sudah mengaplikasikan model independent. Sampai saat ini tipe Ape TM masih diproduksi dan termasuk type Ape yang paling sukses dipasaran.

APE DIESEL 1984
     Ape dengan mesin dua tak makin ditinggalkan . Pilihannya pada mesin diesel. Ape pertama diesel punya kapasitas 422 cc juga sudah dilengkapi gearbox dengan 5 percepatan. Pada tahun 1986 model baru diluncurkan mampu mengangkut barang sampai 900 kg.

APE CROSS SERIES 1994
      Model ini adalah pengembangan Ape 50. Desain Ape Cross series lebih elegan, dilengkapi dengan rool bar pada bak pengangkut barang. Tipe ini diluncurkan dengan warna yang cerah. Meski kendaraan komersial namun Ape Cross sudah dilengkapi alarm dan audio bagus.

APE CALESSINO 2007
     Ini merupakan model Ape klasik era tahun 60 an yang diproduksi kembali. Ape Calessino merupakan kendaraan penumpang yang didisain khusus dengan jumlah terbatas. Kabarnya hanya diproduksi sebanyak 999 unit.

    
     
GALERIA















THANKS FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar