Translate

Minggu, 21 Agustus 2016

MENCEGAH KERJA MOTOR POWER WINDOW MELEMAH PADA TOYOTA YARIS

                                              


Power Window (PW) Toyota Yaris sebenarnya sudah dibekali dengan fitur anti jepit dibagian pintu pengemudinya. Sistim buka tutup pintu pada bagian sopir ini juga dilengkapi dengan mode automatic (AUTO), yang memungkinkan proses naik turun kaca dilakukan dengan sekali tekan pada tombol di master PW
Namun lantaran sering dibuka tutup saat harus membayar parkir atau masuk di pintu tol, debu mudah masuk ke celah got pada karet rel kaca (run door glass). Lama kelamaan kotoran menumpuk , nah ini penyebab gerakan naik turun semakin seret dan otomatis akan menambah berat kerja motor PW itu sendiri.


Indikasi PW sudah melemah ditandai dengan bunyi yang  Abnormal. Menurut Andre Obrien Sangap, Sumber bunyi dapat berasal dari beberapa komponen “ Kalau suara terdengar keras dan mirip terdengar suara ngik –ngik ketika kaca dinaikkan secara auto, kemungkinan dari motor assy PW yang mulai melemah kerjanya, tetapi kalau suaranya sangat kasar dan ada bunyi benturan dua komponen keras , kemungkinannya berasal dari bagian mekanik pendukung seperti hinger regulator  dan pinion di motor assy PW nya” papar Section Head Body & Part Group  PT Toyota Astra Motor.
Beberapa kasus yang terjadi pada Yaris diatas pemakaian lebih dari 3 tahun , bunyi abnormal lebih banyak berasal dari komponen motor assy PW yang terindikasi mulai melemah kinerjanya . Jika tidak segera diatasi  dikawatirkan bisa macet mendadak, terutama saat kaca dinaikkan lantaran motor PW bekerja lebih berat ketimbang ketika kaca diturunkan .


Untuk menghindari kemungkinan macet , saran Andre , mengganti komponen assy PW dengan banderol sekitar Rp 2,5 juta  di bengkel resmi. Disarankan setelah mengganti motor PW.



Perawatan aelanjutnya pemilik harus rutin menyemprotkan silikon grease di bagian run door glass , idealnya 6 bulan sekali agar kebersihan bagian dalam rel kaca tetap optimal. “Tapi kalau belum 6 bulan sudah kelihatan mengering bisa langsung disemprotkan  lagi. Sebab selain berfungsi sebagai pelentur karet, cairan ini sekaligus buat lubrikasi sisi kaca ketika naik dan turun” saran Andre.


                                             THANKS FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar