Translate

Rabu, 31 Agustus 2016

KOMPARASI TIGA SKUTIK 110-115 CC INJEKSI

Honda baru saja memasarkan The All New Honda BeAt (BeAt Fi), sehingga pasar skutik entery level dengan kapasitas mesin 110-115 cc , jadi lengkap setelah sebelumnya ada Suzuki Nex Fi dan Yamaha Mio J.
Bingung mau pilih yang mana? Sebagai panduan kami komparas dari semua aspek, meliputi disain, fitur dan teknologi, riding position, handling dan performa, konsumsi bensin dan harga .

1.   1.    Fitur dan Teknologi
  Pertama bicara fitur, ketiganya lampu utama sudah Halogen. Panel  indikatornya isin sama, hanya besa disain dan penempatannya saja.
Konsol depan , ketiganya dilengkapi  hanya beda ukuran. Paling kecil punya Mio J karena hanya ada disisi kiri, sedangkan Nex F i kanan –kiri tapi yang kanan terbilang sempit. Terlega pada Beat Fi sisi kiri muat 2 botol sedang kanan 1.  Cantolan barang juga jadi fitur ketiganya BeAt Fi sama dengan Nex Fi ada dibawah stang , sedangkan Mio J dibawah ujung jok.
Pindah ke bagasi , lihat deh volumenya nex harus diakui paling sempit tak seluas Mio J yang mencapai  8,1 Liter, Paling lega BeAt Fi yang mencapai 11,2 Liter.
Fitur keamanan ? Cek kontaknya  BeAt Fi dan Mio J dilengkapi pengaman magnet, hanya nex yang belum ada. Fitur keselamatan ada di Beat Fi  yang dibekali side stand switch, parking brake lock dan ada versi pakai rem CBS
Lanjut bicara teknologi . Mesin ketiganya sama sama SOHC dua klep dengan roller rocker arm. Sistem bahan bakar injeksi hanya beda sistim dan semprot. Teknologi Mio J bisa dibilang paling banyak . Cilinder pakai lapisan DiASil plus piston forged. Blue Core. Sistim injeksinya dinamakan YM Jet-Fi, cirinya Trotettle body pakai dua katup, ada assist aire passage dan imjektor mengarah ke klep.
Sensor injeksi pada mio ada 6 , terdiri dari TPS (Throttle Position Sensor) JAPS ( Intake Air Pressure Sensor), IATS ( Intake Air Temperature Sensor), O2 sensor, Crank Angele Sensor dan Enggine Temperatur Sensor.
Mesin Honda Be At dibekali sistim injeksi Honda step 4, sensor lebih sedikit untuk menekan harga jual namun tetap efisien. Sensor yang dihilangkan Manifold Absolute Presure (MAP dan Intake Air Temperature ((IAT).
Nex Fi Sistim injeksinya pakai 7 sensor mirip Mio J yang ditambahkan Tip Over Sensor, untuk mendeteksi sudut kemiringan . kalau jatuh mesin otomatis mati untuk keselamatan.


2.     
           2.   DISAIN
Bicara disain memang relatif tergantung selera. Tapi mari kita perhatikan ketiganya, Beat Fi disainnya cenderung agresif dan suporty dengan garis body serba tajam. Mio J cenderung lebih kalem dengan lekukan membulat namun balutan warna ceria dari tipe teen jadi berkesan segar . Nex Fi Garis bodi paling kaku mungkin pas untuk rider yang ingin tampil beda.



3.     3.  KONSUMSI BENSIN
Semua sudah memakai sistim pengabutan bahan bakar injeksi, makanya jauh lebih irit dari skutik yang pakai karburator . Rata rata mencatatkan  angka diatas 40 km/lt , perbedaan nya sangat tipis . Pengukuran full  to full, motor dipakai harian di jakarta . Hasilnya Beat 42,7 km/lt, Nex Fi 41,3 km/lt dan Mio J 41 km/lt.



4.     4.  RIDING POSITION
BeAT  Fi menawarkan riding position yang santai, jok rendah plus ramping ditambah setang Yang tinggi  bikin pengendara bertinggi 160-165 cm pun tetap nyaman. Deknya dengan kaki bersepatu ukuran 42 hanya menyisakan sedikit ruang  Sayang busa Jok lebih keras dibanding Mio J dan Nex  Fi sehingga pantat lebih cepat panas.
Mio J juga menawarkan posisi duduk santai, kendati stang lebih rendah . Paling terasa menyumbang kenyamanan joknya lebar dan empuk ditambah deknya lebih luas.  Nex Fi sepertinya dirancang untuk rider mungil . Jarak jok dan stang nya paling dekat , ujung lutut dekat dengan konsol. Saat berbelok patah ujung stang juga gampang nempel  lutut . Joknya termasuk cukup empuk dan lebar. Sayang dek  sempit, tapi untuk pembonceng paling enak karena footstep bukan model terpisah jadi bisa geser geser.

5.    5,   HANDLING DAN PERFORMA
Ketiganya menawarkan kelincahan yang sangat cocok untuk berkendara di dalam kota, ditunjang dengan bobot ringan dan wheelbase pendek. Perbedaan hanya pada karakter untuk bermanufer  kencang dan ketika lewat jalan yang rusak.
Untuk handling mantap masih dipegang sassis dan kaki kaki rancangan Yamaha, kendati dibekali ban sempit, menikung begitu mantab tanpa ragu, rasanya anteng dan nurut. Kekurangannnya di jalan rusak suspensinya terasa keras .
BeAT nyaman saat ketemu  jalan rusak karena jarak main suspensi  depan panjang  dan juga empuk , hanya saja kala menikung kencang sedikit goyang  saking empuknya.
Nex  Fi  juga nyaman di jalan rusak , suspensi dan jok empuk, Namun Karena bobotnya yang paling ringan terasa melayang jika kecepatan diatas  80km/jam.
Performa mesin silahkan baca tabel berikut

                                     BeAT                              Nex Fi                       MIO j
0-60 Km/jam              6,7 detik                        6,7 detik                  7,5 detik
0-80 km/jam             13,5 detik                     12,1 detik                 15,3 detik
0-100 m                      8,4 detik                         8,4 detik                  8,8 detik
0-201 m                     21,7 detik                     21,3 detik                 22,5 detik
Top Speed                104 km/jam                 105 km/jam               100 km/jam

 THANKS FOR WATCHING



2 komentar: