Translate

Rabu, 04 Januari 2017

VARIAN PALING RINGAN, ALL ABOUT PORSCHE BOXTER SPYDER 3.4


   Porsche  Boxter memang diciptakan tampil beda dengan yang lain. Bahkan diantara varian Porsche sendiri. Seperti versi terbaru yang baru saja diluncurkan di Los Angles Motor Show tahun lalu. Porsche Boxter Spyder kali ini memiliki disain unik dan mampu mereduksi cukup jauh. Sehingga mampu melesat lebih cepat lagi Mobil ini ditawarkan seharga Rp 2 milyar lebih

ALUMINIUM



     Memang tampilan Boxter Sspyder memang akan terlihat lebih kekar dengan lubang udara dibelakang pintu. Memang sejak awal ini merupakan ciri dari Porsche  dengan mid-engine. Pertama kali diperkenalkan tahun 1997 dengan model 986, kemudian berbagai perbaikan dilakukan , pada 2005 Boxter generasi baru diperkenalkan tahun 1987 hingga pada tahun 2009 terjadi lagi perubahan yang significant.
     Dengan ispirasi dari Carrera GT, tampilan Porsche Boxter Spyder menjadi  makin kental aura sportynya. Tetapi kali ini tampilan Spyder menjadi istimewa dari beberapa peranti yang dibuat sederhana. Seperti soft-top yang harus dibuka secara manual ini.
     Tetapi justru ketika soft-top dibuka inilah letak daya tarik Spyder terbaru. Dengan hump back seperti disain tunggangan andalan Batman, menjadikannya sangat bernuansa mobil kencang. Memang ngebut adalah tujuan utama, tetu dengan batas keselamatan optimal dari pabrik asal Stuttgart Jermania.
      Hal lain yang mendukung agar bisa melaju lebih kencang adalah peranti-peranti yang dibuat lebih enteng, seperti pintu dan hoof depan dan belakang dari aluminium. Atapnya memang dibikin tidak ada piranti elektronik untuk melipatnya, lantas basis aksesori seperti radio, AC dan cup holder tidak ada karena untuk mengurangi bobot kendaraan.
     Tetapi unit pada Terminal motor ini, dilengkapi dengan AC dan radio. Alhasil dibandingkan dengan Boxter lainnya, Spyder lebih ringan lebih dari 80 kg. Lantas dengan mesin berdaya 320 dk dengan torsi diatas 350 Nm, tentunya melesat kencang jadi hal yang mudah.
      Apalagi Spyder ini menggunakan transmisi PDK (Porsche Duppel Kuplungsgetriebe) alias dual clutch yang memungkinkan perpindahan berlangsung lebih cepat di tiap percepatannya. Benar-benar sporty dengan duduk di jok dengan bahan kevlar dan suspensi yang lebih keras dibandingkan dengan Boxter cayman. Pelek 19 inci pun mendampingi agar mampu bermanuver lebih dinamis dan cepat.
     Duduk dibalik kemudinya memang hanya tersuguhkan nuansa mobil balap. Setir dengan paddleshift juga dengan pasangan jok berbahan kevlar yang jauh dari jok empuk. Untungnya masih reclining sehingga bisa distel kemiringa pada sandarannnya.


   Tetapi namanya Boxtrer alias Porsche bermesin Boxter yang di tengah (Mid-enggine) dan roadster, berarti hanya dua bangku yang tak banyak ruang dibelakang 2 jok ini. Memang terlihat beberapa hal dikurangi, seperti tak adanya cup holder memang betul tak tersedia, lantas jika konsep awalnya tidak ada AC dan radio, ternyata piranti ini masih tersedia. Hal lainnya  handel pembuka pintu berganti dengan strap berwarna merah, seperti seatbelt 3 titik yang berwarna sama.
    Soal tarikan mesin sih, sama seperti suaranya garang. Apalagi perpindahannya berlangsung cepat jadi akselerasinya pun lebih cepat. Tak heran kalau untuk kecepatannya dari berhenti hingga 100 km/jam hanya butuh 5 detik saja.

LIMITED EDITION
     Tahun 2007 Porsche pernah membuat mobil dengan edisi terbatas, RS60 dibuat untuk mengenang kemenangan Porsche pada ajang balapan 12 jam di Sebring, Florida di tahun 1960. Untuk ini dibuatlah edisi terbatas hanya berjumlah 1960 unit.
    Sebanyak 800 dipasarkan di USA. Tunggangan ini berwarna silver metalic seperti Porsche GT dengan warna interior standard Carerra Red, sementara pilihan lain adalah abu-abu muda sebagai pewarna kabin.
    Porsche RS60 ini menggunakan pelek 19 inci SportDesign, lantas dilengkapi dengan Porsche Active Management Suspension System plus piranti engine exhaust alias knalpot yang mampu mendongkrak tenaga makin melimpah 303 dk. Lainnya pada tahun 2008 dibuat juga edisi terrbatas berjumlah 500 unit dengan 100 unit untuk pasar USA.
   Porsche Boxter S Design Edition 2 begitu julukannya, Beberapa hal dibuat khusus seperti panel instrumen putih dengan interior hitam san abu abu. Sementara warna eksteriornya Carerra White dengan striping abu-abu dari depan hingga belakang.
  

THANKS FOR WATCHING
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

                                                                                                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar