Translate

Jumat, 23 Desember 2016

MENCEGAH BUNYI PADA SISTIM PENGEREMAN SEBELUM DAN SELAMA HUJAN


     Sistim pengereman merupakan faktor yang sangat vital bagi keselamatan. Berhubungan dengan memasuki musim hujan, enggak ada salahnya sistim rem juga diperhatikan lebih detail. Soalnya dapat saja kotoran atau debu jalanan setelah selama ini dipakai dalam kondisi kering, mulai menumpuk dan begitu kena air hujan, kotoran tersebut membuat rem tidak bisa berfungsi secara maksimal.
   Keluhan yang paling umum terjadi adanya suara berdecit yang berlebihan saat pedal gas diinjak . Sumbernya biasanya ada pada kotoran dan debu yang menumpuk pada brake pad. Untuk membersihkannya paling bagus memang mendatangi bengkel dan minta bongkar sistim rem. Tetapi kalau mau bisa dilakukan sendiri. Dan nantinya sistim pengereman sebaiknya dirawat setiap kelipatan 20.000 km


    Penanganan pertama dapat menggunakan break cleaner. Cairan tersebut fungsinya adalah untuk membersihkan kotoran yang mulai menumpuk. Cara pengaplikasiannya tidaklah susah.
    Salah satu produk brake cleaner yang baru adalah Wealthy Brake Cleaner. Cairan tersebut mempunyai kelebihan karena non flameable atau tidak dapat terbakar. Jadi tidak usah kawatir saat disemprotkan dan ada percikan api bakal mnyambar dan membuat kebakaran. Merek yang bereedar sudah banyak , ada Qplus seharga Rp 98 ribu, Cyclo di kisaran harga Rp 68 ribu atau versi yang heavyduty yang dijual 71 ribu rupiah.



      Bagi yang ingin melakukan sendiri, simak dulu ya langkah-langkahnya. Namun perlu diperhatikan saat membersihkannya. Sebaiknya jangan  sampai menghirup kotoran dari brake pad yang tertiup keluar karena bila terhirup sangat berbahya, karena partikel kotoran dapat terdiri dari sebuk asbestos sisa pengereman dan campuran kotoran sebaiknya menggunakan masker selama bekerja.
1.       Pertama dongkrak mobil, lalu copot roda satu persatu. Bila memiliki jack stand lebih baik bisa langsung copot ke empat rodanya
2.       Untuk membersihkan semprot bagian permukaan disc brake dan lanjutkan ke kaliper. Debu dan kotoran akan rontok bersama cairan.
3.       Kalau mau dibuka kalipernya lebih bagus lagi. Tinggal melepas baut pegangan kaliper dengan  kunci ring sesuai nomor nya.



4.       Uuntuk jenis tromol, pertama-tama buka tutup rem dengan cara diketuk pakai palu. Jangan terlalu keras. Sekedar untuk mengendurkan tutupnya. Jika sudah terbuka semprotkan brake cleaner di bagian permukaan teromol, jiga pada tutupnya.


THANKS FOR WATCHING


Tidak ada komentar:

Posting Komentar