Translate

Minggu, 21 Agustus 2016

CARA UPGRADE PELEK HYUNDAI GRAND AVEGA

Generasi terbaru dari Hyundai Grand Avega memang menarik untuk dimodifikasi. Utamanya ubahan tahap awal adalah mengganti pelek standard. Tapi pilihan pelek produk aftermarket dipasaran dirasa tidak semuanya pas, harus dengan perhitungan matang agar tampilan serasi dan faktor kenyamanan tetap terjaga.


Para pencinta dan pemilik Grand Avega yang tergabung dalam Grand Avega Community (Gravity) akan membagi ilmu seputar pemilihan pelek aftermarket yang pas. “ Yang benar-benar harus diperhatikan yakni lebar dan offset peleknya” saran Taufik Hidayat, ketua umum Gravity.


Dimensi roda standard Grand Avega adalah 14 inci dengan ukuran PCD 4x100 dan patokan offset 48 . “Untuk pelek pengganti direkomendasikan yang punya offset ET 45 dengan lebar enggak lebih dari 7,5 inci.
Sementara pengaruh lingkar diameter pelek diakui sama seperti mobil sejenis. “Ada yang pakai 18 inci aman-aman saja tapi ya kenyamanan berkurang”, tegas Taufik merinci dimensi maksimal yang sanggup dijejalkan ke ruang roda Grand Avega adalah pelek 19x7,5 inci offset 45 dengan ban 215/35-R19
“Kalau offset dan lebar pelek sudah sesuai rekomendasi , enggak perlu ubahan lain, nggak perlu juga pakai spacer” tegasnya. Namun khusus pemakaian spacer ,pada  beberapa model pelek diakuinya diperlukan. Seperti pada pelek model celong, aplikasinya di teromol Grand Avega sangat disarankan. “ Khususnya yang diameter 17 ke atas” saran Taufik meyakinkan  dengan pemakaian spacer keuntungannya agar bagian dalam pelek tidak mentok dengan kaliper rem . Selain itu  hasil fitment roda secara estetika dapat rata dengan fender.


Bagi yang ingin segera mengganti dimensi  roda standard Grand Avega dengan ukuran yang lebih kecil, Taufik memberikan rekomendasi yang acap kali dijadikan patokan oleh member Gravity. “ Untuk lingkar 16 inci cocok dipadukan dengan ban 195/50-R16”.

Sedangkan pelek 17 inci punya pilihan lebar  lebarnya 7 inci atau 7,5 inci  dengan paduan ban 205/45-R17. Ukuran tersebut cukup mudah ditentukan di sejumlah gerai pelek dan ban” Diatas ukuran itu menjadikan mobil kurang nyaman,” tutup Taufik.


                                                THANKS FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar