Translate

Sabtu, 02 Juli 2016

TRIK BUKA BAUT CAKRAM SEPEDA MOTOR

       Buka baut cakram wajib dilakukan saat mengganti piringan cakram yang sudah tipis, rusak atau memodifikasi dengan  diameter cakram yang lebih besar. Pada kenyataannya melepas baut cakram ini gampang gampang susah. Selain dikencangkan dengan torsi yang cukup  tinggi,  baut disc brake ini juga direkatkan dengan lem khusus agar baut tidak mudah lepas.  
        Wajar ketika kunci L diputar, bukannya baut yang berputar tapi malah kepala bautnya yang selek .Wah kalau sudah begini pekerjaan menjadi ribet, harus pakai pahat untuk memaksa baut berputar. kejadian ini menimpa semua merek motor bahkan keluaran terbaru sekalipun.
         Chandra, mekanik Kesatria Bintang Motor Jln Gunung Shanghyang Denpasar Bali  punya trik jitu  "Ada Caranya tapi saya tidak jamin bautnya bisa dipakai lagi  minimal nggak sampai di las atau dipahat jelas Chandra sambil mempraktekkan di piringan Yamaha YZF-R25 yang menurutnya paling gampang slek.


 
       Caranya :
                           Setelah roda dilepas sebelum melepas baut dengan kunci L 6 pukul dulu kepala baut dengan palu sebanyak dua atau tiga kali dengan agak keras., setelah itu buka dengan kunci shock L6mm, tapi kalo masih keras jangan dipaksa.
                            Jika masih keras pukul kembali tapi jangan terlalu keras. Trik ini berfungsi merenggangkan ulir dengan baut sehingga  mudah terlepas, tetapi jangan dipukul terus menerus kepala baut juga rawan rusak.Jika kepala baut rusak sarannya utuk menggunakan kunci shock L6 yang dipasangkan ke baut lalu pukul dengan palu. Lakukan trik ini terus menerus  ketika baut keras, pasti lama kelamaan akan terbuka, yang penting jangan slek, kalo sudah terlepas baut pasti akan rusak jadi jangan dipakai lagi ganti yang baru murah.
                         







THANK'S FOR WATCHING

1 komentar:

  1. Selamat malam, maaf mau tanya dulu nih kalau rodanya tidak dilepas dari motor apakah aman untuk digetok baut L6 nya? Mohon pencerahan nya yaa. Makasih

    BalasHapus