Translate

Minggu, 03 Juli 2016

CARA YANG BENAR MENGISI ANGIN BAN MOTOR

    Mengisi angin ban sepeda motor jangan asal , terlalu tinggi tekanannya ban bisa benjol. Enggak percaya ? ini sudah ada korbannya. "gara gara mengisi anggin di bengkel pinggir jalan tanpa menggunakan tyre presure gauge. Terasa terlalu keras akhirnya coba cari bengkel lain untuk cek tekanan ban , ternyata sampai 50 psi !" kaget Billy pengguna  Kawazaki Ninja 250.
 

    Meski sudah diturunkan permukaan ban sudah terlanjur rusak." Langsung muncul benjolan" terpaksa ban harus diganti. " Tekanan ban yang terlalu tinggi atau over inflation akan menyebabkan keausan yang berlebih di bagian tengah tapak ban dalam kondisi terlalu ekstrim tekanan yang sangat tinggi dapat merusak permukaan ban " jelas Ifan Martin head tire and tube department Domestic Marketing Division PT Astra Oto Part.


     Jadi yang perlu diperhatikan adalah tiap ban mempunyai tekanan maksimal.Pada ban skutik atau motor bebek tekanan  maksimal 35 psi , sedangkan untuk motor sport 32 psi untuk ban depan dan belakang  maksimal 42 psi. " terang Andreas Aldrin owner Rumah ban Motor, lebak bulus. sedangkan untuk perawatan dianjurkan untuk melakukan pengecekan setiap 3 sampai 7 hari  sekali. Karena tekanan angin ban yang terlalu rendah 20 psi juga bisa menyebabkan benjolan pada ban,keausan yang lebih cepat dan kemudi yang berat. Paling parah adalah ban dapat pecah karena terlampau panas , hal itu terjadi karena ban menapak lebih banyak ke aspal.


      Lakukan pengisian ban motor dengan tyre presur gauge dan secara berkala cek tekanan angin ban jangan sampai kurang atau berlebihan



                                                THANK'S FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar